Ingin Liburan Tapi Uang Mepet ? Ini 7 Tips Traveling Hemat Gak Bikin Uang Ludes

Diposting pada

Berlibur tentu tak mesti mahal. Yang penting bisa dinikmati, menambah pengetahuan, akrab bersama keluarga, dan manjur menghilangkan stres.

Ikuti tips traveling hemat dan murah yang tidak membuat uang kamu cepat habis apalagi hilang seketika.

Tips Liburan Hemat

1. Survei tempat liburan

Banyak orang melakukan perjalanan wisata, namun bingung begitu sampai di tempat tujuan. Hal itu terjadi karena sebelum berangkat mereka tidak mencari tahu kota atau negara yang akan dikunjungi. Padahal, tempat-tempat wisata tersebut pasti bisa dilihat di internet atau di buku-buku wisata.

Survei lewat internet atau persiapan jauh sebelumnya sangat penting dilakukan karena kamu bisa mengetahui apakah ada diskon atau potongan harga, mulai dari tiket pesawat atau hotel. Atau mencari tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional.

2. Membuat perincian biaya sebelum berangkat

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah membuat perincian biaya perjalanan kamu. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan budget kamu untuk berjaga-jaga.

Dengan adanya budget awal, kamu akan mendapat batasan untuk pengeluaran kamu dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

3. Tidak perlu menginap di hotel mewah

kamu tentu sudah tahu, kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaran kamu semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar.

Cara untuk mencari penginapan atau rumah seperti demikian di tempat wisata juga sudah semakin mudah, salah satunya lewat media online dengan memanfaatkan situs tertentu. Cukup dengan mendaftar di situs itu.

kamu dapat menemukan penginapan atau rumah dengan membayar sejumlah biaya. Hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan kamu menjadi lebih murah.

4. Gunakan jalur darat

Jika kamu bepergian dari satu kota ke kota lainnya yang dapat ditempuh melalui jalur darat, maka jauh lebih murah jika kamu menempuhnya dengan melalui jalur darat.

Memang perjalanan kamu akan memakan waktu lebih lama, tetapi biaya yang kamu keluarkan bisa lebih murah. kamu sebenarnya juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat.

5. Makan di tempat yang murah yang penting kenyang

Ketika berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang mesti diperhatikan adalah biaya makan. Hindari untuk makan di restoran mewah. Dan jika kamu makan di rumah makan di tempat wisata tersebut, harganya selalu lebih mahal dari makanan yang dijual di luar tempat wisata.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, kamu bisa makan di daerah sekitar tempat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan yang lebih murah yang penting perut sudah terisi penuh.

Tetapi jangan terlalu menghemat juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat wisata tujuan kamu, karena itu akan menambah wawasan pengetahuan kamu.

6. Membawa botol air minum dari rumah

Pada saat kamu melakukan perjalanan biasanya air minum adalah hal yang paling sering dibutuhkan terlebih dahulu sehingga kamu harus membelinya.

Harga sebotol air minum bisa beragam, apalagi jika kamu beli di daerah tempat wisata karena kamu membutuhkan air, biasanya harganya akan lebih mahal.

Baca ini juga:  7 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun Yang Wajib Dikunjungi

Oleh karena itu, membawa botol air sebagai bekal dapat menghemat pengeluaran kamu akan air minum.

kamu dapat mengisi ulang air minum kamu di penginapan, sehingga kamu tidak harus membeli lagi pada saat kamu berkeliling tempat wisata.

7. Liburan pada saat low season

Bagi kamu yang senang dengan travelling, sudah bukan rahasia lagi bahwa jika kamu bepergian pada saat high season (seperti pada saat liburan, atau pada saat bulan-bulan tertentu), harga tiket pesawat maupun harga penginapannya akan menjadi lebih mahal berkali-kali lipat.

Hindari bepergian pada high season, cari waktu untuk bepergian pada saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur.

Bahkan jika memungkinkan, pergilah pada hari biasa, kamu akan menghemat banyak sekali biaya perjalanan kamu.

Traveling tidak harus mengeluarkan biaya banyak, pasti ad acara untuk melakukan tips traveling hemat dan murah dengan orang kesanyanganmu.

Baca ini juga...