5 Kebun Teh Terindah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Butuh menghirup udara segar dan menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota? Berwisata ke tempat-tempat yang menyatu dengan alam adalah pilihan yang paling tepat.

Salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk kegiatan yang dekat dengan alam adalah kebun teh.

Ada banyak kebun teh di Indonesia yang bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan banyak uang dan pastinya kegiatan ini akan menjadi pengalaman menarik yang berbeda.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa hunting foto sepuasnya loh. Nah bagi yang tertarik untuk wisata tea walk di liburanmu berikutnya.

Berikut adalah 5 kebun teh terindah di Indonesia yang bisa dikunjungi, mari disimak satu per satu.

1. Ciwidey, Jawa Barat 

Bandung terkenal dengan udaranya yang sejuk, termasuk juga wilayah Bandung Selatan yang menjadi salah satu kawasan wisata ternama di Indonesia.

Di kawasan Ciwidey ini, terdapat beberapa perkebunan teh di antaranya Rancabali, Malabar, Pangalengan, dan Gununghalu.

Kebun Teh Rancabali misalnya, terletak 50 kilometer sebelah selatan Kota Bandung. Lokasinya tak jauh dari objek wisata Kawah Putih dan Bumi Perkemahan Ranca Upas.

ciwidey

Semenjak perkebunan teh ini dibangun tahun 1870, masyarakat setempat mengolah dua komoditi utama daerah tersebut yaitu teh dan kina.

Selain menikmati pemkamungan kebun teh, Kamu juga bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali.

Kamu bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Tak hanya itu, Kamu juga bisa melakukan Tea Walk dengan rute sejauh 2 km, 3 km, atau 4 km.

Baca ini juga:  Bukan Cuma Bali Dan Lombok Saja, 5 Destinasi Ini Juga Memiliki Tempat Yang Bagus Dan Indah

2. Kebun Teh Malabar

Kebun teh ini berlokasi di kawasan Pangalengan dan memiliki luas 2.022 ha dan berada di ketinggian 1.550 mdpl.

Disarankan untuk memakai pakaian yang agak tebal saat berkunjung ke kebun teh ini karena suhu rata-ratanya yang berkisar antara 16-26 derajat celcius.

kebun-teh-malabar

Uniknya lagi di tengah perkebunan teh ini kamu bisa mengunjungi makam K.A.R Bosscha yang mendirikan perkebunan teh Malabar pada tahun 1986.

Banyak kegiatan yang bisa kamu pilih saat berwisata di tempat ini mulai dari melakukan tea walk, mengunjungi makam Bosscha, berkunjung ke pabrik teh sampai mengunjungi rumah Bosscha.

Bila kamu memilih untuk bermalam, di samping rumah peninggalan Bosscha ini terdapat guest house untuk para turis menginap.

3. Puncak Bogor, Jawa Barat

Jika Kamu termasuk orang yang sering melewati kawasan Puncak, tentunya nama Perkebunan Teh Gunung Mas tak asing lagi di telinga Kamu. Perkebunan yang dikelola oleh PTP Nusantara VII ini berada di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor.

Perkebunan teh nan cantik ini serasi dengan jalanan yang meliuk membelah bukit-bukit. Dengan memarkir kendaraan di pinggir jalan pun, Kamu sudah bisa menikmati kecantikan kebun teh ini.

puncak-bogor

Jika waktu Kamu senggang, cobalah berjalan-jalan di kawasan perkebunan teh ini. Kamu akan mendapati beberapa wanita pemetik teh yang masih menggunakan cara-cara tradisional.

Mereka menggunakan kain warna-warni, terkadang batik, yang membalut tubuh mereka. Tampak sangat cantik bila diabadikan dengan kamera, karena kontras dengan hamparan perkebunan teh nan hijau.

Selain belajar memetik teh dari para wanita tersebut, Kamu juga bisa berkeliling perkebunan dengan menunggang kuda.

Di sore hari, cahaya matahari akan tampak sangat cantik karena senja yang memerah. Kamu bisa mengakhiri petualangan hari itu dengan menikmati teh Gunung Mas di warung-warung setempat.

Baca ini juga:  Destinasi Tempat Wisata Pulau Samosir Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

4. Kebun Teh Sukawana

Kebuh Teh Sukawana terletak di daerah Lembang, sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Walaupun tidak terlalu luas tapi pemandangannya sangat indah dan asri, dari perkebunan teh ini kamu dapat menikmati keindahan Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu juga loh!

sukawana

Banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan di kebun teh Sukawana yaitu tea walk, hiking, camping dan juga off road (rutenya adalah jalur Cikole-Sukawana) seru sekali bukan? Pengalaman menarik di perkebunan ini pasti akan jadi kenangan yang tidak terlupakan.

5. Kebun Teh Kayu Aro 

kayu-aro

Kebun teh yang terletak di Jambi, kaki gunung Kerinci ini terkenal sebagai kebun teh tertinggi kedua di dunia dan yang terluas di Indonesia, lho! Kabarnya kebun teh ini juga salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Keren banget, ya?

Baca ini juga...