7 Langkah Kerokan Yang Aman

Diposting pada

7 Langkah Kerokan Yang Aman

Istilah kerokan sebenarnya hanya ada di Indonesia saja. Di negara-negara yang sudah maju tidak ada pengobatan dengan metode kerokan. Kerokan biasanya dilakukan pada daerah leher belakang sampai punggung bagian bawah.

Menurut orang-orang pada umumnya, semakin merah bekas kerokan semakin parah pula tingkat masuk angin tubuh tersebut.

Padahal faktanya adalah jejak warna merah tersebut merupakan jejak yang ditinggalkan akibat pembuluh darah kapiler atau pembuluh darah halus yang pecah dikarenakan kerokan yang dilakukan.

Maka dari itu, setiap kerokan pasti meninggalkan jejak merah pada bagian kulit tertentu. Sampai saat ini kebanyakan kalangan dokter tidak menyetujui bahwa kerokan adalah pengobatan yang tepat untuk mengatasi gejala masuk angin.

Namun berbeda dengan pendapat para terapis pengobatan alternatif, menurut mereka kerokan adalah suatu metode yang akan memperlebar pembuluh darah tepi yang menutup.

Berdasarkan studi kasus, melakukan kerokan akan membuat tubuh kita menjadi nyaman, mengapa bisa? Yak tentu saja, ketika tubuh kita dikerok pada saat masuk angin, maka tubuh akan melepaskan hormon endofin dalam batas yang normal.

Terlepas dari itu kerokan terbukti mampu mengobati semua gejala masuk angin atau sindroma angin yang memiliki ciri seperti pegal otot dan lain sebagainya.

  • Prinsip kerja kerokan ini terhadap tubuh tidak jauh berbeda dengan pengobatan alternatif dengn metode akupuntur.
  • Prinsip nya sederhana, kerokan akan meningkatkan temperatur dan energi pada tubuh tersebut, perangsangan energi yang dilakukan adalah dengan cara perangsangan energi dari luar kulit.

7 Langkah Kerokan Yang Aman

Pengobatan masuk angin dengan cara kerokan ini tidak semata-mata dilakukan dengan asal menggesekkan koin pada kulit saja. Kerokan memiliki beberapa teknik yang perlu diketahui dan dipelajari sebelum dilakukan, tanpa teknik yang benar, si penderita masuk angin bukannya menjadi nyaman dan sembuh malah akan menjadikan kulit nya lecet dan bahkan terluka.

Baca ini juga:  Menu Diet Selama 7 Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

7 Langkah Kerokan Yang Aman 1

Kerokan harus dilakukan dengan benar, ada cara, dan tekniknya sendiri. Tentu saja Anda bisa meminta teman, ibu, bapak, kakak, adik, tukang pijat, atau bahkan pasangan Anda untuk membantu Anda kerokan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan koin atau uang logam yang ujungnya tidak tajam, seperti uang koin Rp1.000,- .
  2. Gunakan minyak zaitun sebagai dasar untuk pengerokan di tubuh.
  3. Lakukan kerokan di samping tulang, tepatnya di sendi-sendi dekat tulang. Tidak dianjurkan mengerok tepat di atas tulang.
  4. Lakukan kerokan dari atas ke bawah.
  5. Jangan pernah mencoba untuk melakukan kerokan tepat pada tulang punggung, kerokan yang dilakukan tepat di atas permukaan tulang punggung akan mengakibatkan gejala yang serius.
  6. Setelah selesai kerokan, usapkan bagian punggung dengan minyak angin agar badan lebih hangat.
  7. Mandi esok harinya setelah suhu badan kembali normal kembali, jangan langsung mandi setelah kerokan.

Bila Anda merasa lebih baik setelah kerokan, berarti Anda sudah kerokan dengan benar.

Namun jika kondisi tubuh Anda belum berangsur sehat lebih baik Anda melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

Baca ini juga...