Ingin Sukses Menurunkan Berat Badan? Hindari 5 Makanan Ini

Diposting pada

Seperti yang kamu ketahui, salah satu penyebab gagalnya menurunkan berat badan adalah kesalahan memilih makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, beberapa makanan temasuk buah dan sayuran dapat berpotensi memperlambat proses metabolisme tubuh. Padahal proses metabolisme ini sangat diperlukan untuk membantu mempercepat hilangnya timbunan lemak dalam tubuh.

Mengingat begitu pentingnya proses metabolisme tubuh dalam mensukseskan program diet dalam rangka menurunkan berat badan maka kita perlu menjaga agar proses ini tetap berjalan dengan lancar.

Selain dengan berolahraga, proses metabolisme tubuh dapat dimaksimalkan dengan menghindari beberapa makanan dibawah ini karena makanan-makanan tersebut berpotensi memperlambat proses metabolisme tubuh.

1. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sayur atau buah kalengan, roti putih, daging olahan seperti sosis mengandung karbohidrat komplek dimana tubuh harus mencerna lebih lama untuk dapat menyerapnya. Proses penyeraman nutrisi yang lama ini membuat kerja metabolisme tubuh menjadi lambat.

2. Karbohidrat olahan

Mengkonsumsi karbohidrat olahan sebenarnya tidak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena tidak banyak nilai gizi yang dikandungnya. Hal ini membuat tubuh anda bekerja untuk sesuatu yang tidak berguna. Sebaiknya konsumsilah karbohidrat dari roti gandum atau beras merah.

3. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Semakin tinggi kadar gula yang kamu konsumsi akan semakin lambat proses metabolisme yang terjadi. Menghindari makanan yang mengandung gula tambahan adalah ide paling efektif untuk mencegah melambatnya proses metabolisme. Kurangi makan permen, es krim dan cokelat dan gantilah dengan buah-buahan agar tidak terjadi lonjakan kadar gula dalam tubuh.

Baca ini juga:  Lancarkan Pencernaanmu Dengan 5 Tips Mudah Ini

4. Makanan yang Mengandung Lemak

Tahukah kamu mengapa makanan berlemak sebaiknya dihindari? Kalau boleh digambarkan, makanan berlemak ini akan membuat tubuhmu menjadi tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan lemak tersebut. Hal inilah yang membuat metabolisme tubuh menjadi lambat. Bahkan terkadang metabolisme tubuh perlu istirahat sebentar sehingga lemak-lemak tadi menumpuk dan tersimpan untuk diproses diwaktu yang akan datang.

Itulah mengapa makanan berlemak seperti makanan yang digoreng dan makanan cepat saji sebaiknya dihindari. Melambatnya proses metabolisme tubuh akibat terlalu banyak lemak yang dikonsumsi ini tentu saja akan menghancurkan program diet yang kamu lakukan.

5. Kimia dalam Sayuran dan Buah

Tidak semua buah dan sayuran bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Pasalnya beberapa buah dan sayuran terkadang dalam prosesnya mengandung bahan kimia yang akan memperlambat proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak jadi melambat. Untuk menghindarinya, sebaiknya pastikan buah dan sayuran yang akan kamu konsumsi sudah dicuci bersih sebelumnya.

Itulah 5 makanan yang sebaiknya kamu hindari agar metabolisme tubuh tidak melambat.

Proses metabolisme yang lancar dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga rencan menurunkan berat badan yang kamu lakukan dapat terealisasi dengan sempurna.

Baca ini juga...