Begini Pola Diet Yang Tepat Untuk Vegetarian

Diposting pada

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran atau menjalani pola makan vegetarian.

Namun tahukah kamu bahwa tidak semua vegetarian memiliki berat badan yang ideal? Yup, ternyata mengkonsumsi sayuran saja tidak cukup, bahkan seorang vegetarian yang sehari-harinya hanya mengkonsumsi sayuran perlu menjalankan pola diet khusus untuk menurunkan berat badannya.

Menjadi seorang vegetarian adalah pilihan beberapa individu dengan alasan tertentu. Namun sayangnya, seorang vegetarian yang ingin menurunkan berat badan bisa dikatakan lebih sulit menemukan pola diet yang cocok dibandingkan mereka yang bukan vegetarian.

Menurut Dr. Grace Judio-Kahl, MScm MH, CHt, seorang dokter pemerhati gaya hidup, sebenarnya tidak ada perbedaan antar diet yang dilakukan seorang vegetarian atau bukan.

Tidak ada bedanya, hanya perlu mengganti beberapa menu saja sesuai prinsip vegetarian.

Seperti yang kamu ketahui, ada 5 aturan yang biasa diterapkan pada orang yang melakukan diet yaitu motivasi, tetapkan target, ubah makanan, lakukan aktifitas fisik dan istirahat yang cukup. Kelima aturan ini juga harus diterapkan bagi vegetarian yang ingin menurunkan berat badannya.

Sebelum mnentukan pola diet bagi vegetarian biasanya seorang dokter akan menghitung berat badan ideal orang tersebut dan berapa targetnya. Setelah itu baru diedukasi dengan dengan memberikan beberapa option yang dapat ia lakukan.

Jika kamu seorang vegetarian dan ingin menurunkan berat badan namun tidak ada waktu berkonsultasi dengan dokter, mungkin beberapa hal dibawah ini dapat kamu pertimbangkan

Baca ini juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Selama 1 Hari Untuk Orang Malas

Hitung kebutuhan kalori

Kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda tergantung tinggi badan dan aktifitasnya. Biasanya seorang pria membutuhkan antara 1.800-2.000 kalori seriap hari sedangkan wanita 1.600-2.000 kalori setiap hari.

Ingat Pola tumpung gizi

Kamu pasti sudah mengenal apa itu pola tumpeng gizi. Jika belum, pola tumpeng gizi adalah pola atau sususanan kuantitas makanan yang sebaiknya kamu konsumsi yang jika digambarkan akan berbentuk seperti tumpeng. Jika diurutkan dari bawah maka yang paling banyak dikonsumsi adalah air, selanjutnya karbohidrat, sayuran, buah-buahan, protein dan yang paling atas atau paling sedikit dikonsumsi adalah minyak, gula dan garam.

Nah buat para vegetarian, kamu dapat menyesuaikan pola dietmu dengan pola tumpeng gizi seperti di atas dan melakukan sedikit perubahan pada menunya.

Sebagiai contoh, karbohidrat dapat diambil dari beras merah, untuk lauknya bisa tempe, tahu atau kacang-kacangan. Sayur dan buah-buahan pastikan lebih banyak daripada protein.

Dan yang terakhir kurang atau jika perlu hindari gula, minyak dan tepung.

Dari beberapa uraian di atas mestinya kamu tidak bingung lagi menentukan pola diet yang cocok dan tepat bagi seorang vegetarian.

Jika kamu punya pengalaman menarik dalam menentukan pola diet vegetarian, kamu dapat berbagi dengan menulisnya dikolom komentar di bawah ini.

Baca ini juga...