Penyebab Dan Cara Mencegah Jerawat

Diposting pada

Jerawat adalah penyakit kulit yang umum dialami banyak orang. Apa penyebab jerawat muncul? Bagaimana cara mencegah jerawat secara efektif? Untuk jawabannya, mari kita lihat penyebabnya dan bagaimana mencegah jerawat.

Jerawat adalah dermatitis seboroik yang biasanya terjadi pada masa pubertas dan mungkin terjadi pada kelompok usia lainnya. Seperti yang kita semua tahu, kulit memiliki banyak kelenjar sebaceous yang mensekresikan sebum untuk menghaluskan permukaan kulit.

Ketika kelenjar sebaceous di bawah pengaruh kuat hormon seks Androgen, merangsang kelenjar sebaceous berfungsi dengan kuat, jumlah produksi sebum meningkat.

Bila residu ini mengalami sel kulit mati, kotoran, bakteri yang menyumbat pori-pori menyebabkan jerawat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyebab jerawat, silakan lihat artikel berikut ini:

  1. Perubahan hormon

Jerawat biasanya terjadi pada masa pubertas, wanita dalam menstruasi atau kehamilan. Alasannya adalah bahwa, hormon seks androgen aktif merangsang kelenjar sebaceous mengeluarkan residu terus menerus, menciptakan peluang untuk bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

  1. Karena faktor neurologis

Kurang tidur atau stres kerja juga bisa mempengaruhi keseimbangan hormon, meningkatkan risiko jerawat.

  1. Bakteri P. acnes

P.A adalah bakteri Propionibacterium acnes yang ditemukan pada folikel sebaceous, bila dikombinasikan dengan beberapa bakteri lain yang menyebabkan peradangan yang menyebabkan pustula muncul.

Cara-Menghilangkan-Jerawat

  1. Gangguan pencernaan

Orang yang menderita kelainan pencernaan seperti sembelit; makan makanan pedas; Stimulan seperti alkohol, bir, rokok, kopi menyulitkan tubuh menghilangkan limbah dan racun dari dalam tubuh, hati dan ginjal tidak dapat sepenuhnya disaring. sehingga menyebabkan jerawat.

  1. Perawatan kulit yang tidak tepat, penyalahgunaan bahan kimia, kosmetik
Baca ini juga:  Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Batu Dengan Efektif?

Perawatan kulit yang tidak tepat, perawatan kulit berjerawat, penggunaan kosmetik inferior dan tidak memadai, atau penyalahgunaan suplemen steroid topikal juga dapat memperburuk kondisi jerawat, jerawat semakin parah dan perawatan jerawat juga lebih sulit.

  1. Habitat, cuaca, iklim

Lingkungan dengan banyak debu, polusi, bahan kimia beracun, panas dan lembab juga menyebabkan lebih banyak keringat dan residu, sehingga mengakibatkan kulit lebih berjerawat.

Cara Mencegah Jerawat

Untuk mencegah jerawat, kita harus mengetahui penyebab jerawat diatas, sehingga metode di bawah ini bisa kalian terapkan:

  1. Perawatan kulit yang masuk akal dan ilmiah

Perawatan kulit adalah langkah awal dalam mencegah jerawat. Perawatan kulit harus dilakukan secara teratur dan teratur minimal 2 kali sehari. Setelah keluar dalam perjalanan pulang, cuci muka untuk menghilangkan bakteri, kotoran. Gunakan pembersih yang sesuai untuk setiap jenis kulit, jangan menggosok terlalu kuat. Sama sekali tidak menyentuh jerawat karena mudah menyebabkan kerusakan kulit, bakteri menyebar membuat jerawat sulit diobati.

Jagalah kebersihan tubuh Anda, terutama bila cuaca panas atau kerja berat yang banyak berkeringat dengan mandi dan membersihkan tubuh juga membantu membersihkan kulit dari jerawat.

  1. Penuh gizi dan hidup moderat

Dietnya cukup dan masuk akal. Batasi zat manis, stimulan, makanan pedas; konsumsilah sayuran, buah dan bunga, buah mengandung vitamin dan mineral alami membantu tubuh meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat kulit berwarna pink, halus. Salmon, makarel, makanan laut, kacang-kacangan, Tomat, jeruk, lemon, stroberi, apel, kiwi adalah makanan yang menjaga kulit selalu segar dan halus.

Menghilangkan-Jerawat

Hindari tidur sampai larut malam, stress, cemas, buatlah tubuh rileks dan nyaman untuk membantu mencegah jerawat secara efektif.

  1. Gunakan produk perawatan jerawat dengan benar
Baca ini juga:  5 Cara Mengobati Jerawat Dan Bekas Luka Menggunakan Kunyit

Jerawat dapat diatasi dengan produk yang mengandung produk anti-inflamasi, antibakteri atau anti-inflamasi, jerawat di bawah bimbingan dermatologists.

Selain itu, menggabungkan minuman herbal memiliki efek keseimbangan fisiologis kulit, yang membantu memperbaiki efek jerawat lebih baik, membantu menyembuhkan jerawat, menyembuhkan bekas luka dan mencegah jerawat datang lagi.

  1. Hindari penggunaan kosmetik

Bila Anda berjerawat, hindari menggunakan kosmetik karena hanya bereaksi pada kulit Anda, menghasilkan minyak dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Belum lagi banyak jenis kosmetik yang menyebabkan infeksi jerawat dan menyebar ke kulit disekitarnya. Hindari suplemen kortikosteroid jika Anda tidak ingin jerawat menjadi semakin sulit diobati.

Memahami penyebab jerawat, kita akan tahu bagaimana cara mencegah jerawat lebih efektif. Namun, jika denganperawatan jerawat jerawat tidak bisa sepenuhnya sembuh, jerawat muncul dan semakin bertambah, Anda harus mengunjungi klinik dermatologi untuk perawatan tepat pada waktunya. .

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab dan cara mencegah jerawat, semoga dengan adanya artikel yang kami bagikan kali ini, kalidan dapat mengobati jerawat dengan lebih maksimal.

Baca ini juga...