Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Batu Dengan Efektif?

Diposting pada

Jerawat mencakup banyak jenis, dari jerawat non-inflamasi seperti jerawat, komedo, hingga pustula, jerawat batu dan kista muncul di manapun di kulit. Secara khusus, jerawat vulgaris, terutama jerawat di bawah kulit sulit untuk diobati, mudah menyebabkan iritasi kulit dan meninggalkan bekas luka dalam. Lantas bagaimana cara mengobati jerawat dengan efektif? Menanggapi pertanyaan ini, mari belajar dan cari tahu Bagaimana cara mengobati jerawat batu dengan efektif melalui artikel di bawah ini.

Cara menghilangkan jerawat yang tersembunyi di bawah kulit

Tidak seperti jenis jerawat lainnya, benjolan jerawat yang tersembunyi di bawah kulit adalah jerawat yang berada di bawah permukaan kulit, saat kita menyentuh kulit terasa kasar tapi tidak terasa sakit.

Jerawat ini tidak tumbuh secara individu namun berkembang menjadi kelompok dan mudah menyebar ke kulit di sekitarnya.

Pengobatan jerawat tersembunyi di bawah kulit

Karena jerawat tersembunyi jauh di dalam kulit dan berkelompok sehingga perawatan jenis jerawat ini cukup sulit.

Untuk mengobati jerawat yang tersembunyi di bawah kulit, kita harus tekun dalam melakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Gunakan makeup remover setelah menggunakan makeup

Jika Anda sering menggunakan make up, maka dapat dengan mudah menyumbat pori-pori. Jadi, lakukan make up remover setelah  menggunakan make up untuk menghilangkan limbah dan residu kosmetik agar kulit menjadi bersih dan terhindar dari jerawat.

Langkah 2: Gunakan pembersih yang sesuai

Produk pembersih yang mengandung antibakteri atau asam salisilat akan menghilangkan sebum, debu, bakteri dan mengurangi jerawat inflamasi.

Baca ini juga:  5 Cara Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Efektif

Langkah 3: Uap wajah Anda

Uap wajah membantu membuka pori-pori dan menghilangkan jerawat dengan lebih mudah. Anda bisa mengaplikasikan dua rejimen jerawat efektif sebagai berikut:

Pilihan 1: Oleskan spons sabun hangat ke area kulit jerawat selama 5 menit setiap hari.

Metode 2: Anda hanya perlu menerapkan jus lemon atau daun mint, teh hijau dalam air panas selama 10 menit untuk memperluas pori-pori, mengambil sel-sel mati dan lendir serta bermanfaat sebagai antibakteri dan merangsang jerawat naik ke permukaan kulit. lakukan cara ini dua sampai tiga kali seminggu akan membawa hasil yang maksimal.

Langkah 4: Terapkan masker pada kulit

Menerapkan masker wajah setelah mengukus membantu jerawat mengurangi pembengkakan, kulit akan menyerap nutrisi dan rileks. Anda bisa menggunakan dua jenis masker jerawat dibawah kulit berikut:

Masker dedak padi:

Siapkan dedak padi dan dicampur dengan air hangat untuk membuat campuran pasta halus. Setelah menggunakan uap wajah, oleskan pada wajah dan rileks selama 10 menit dan lakukan pijatan dalam 5 menit. Bersihkan wajah Anda dengan air suam-suam kuku dan oleskan beberapa tetes air mawar. Dedak padi membantu kulit menghilangkan sel-sel mati dan membuat kulit menjadi putih cerah dan lembut.

Masker kayu manis dan madu:

Siapkan dalam jumlah yang sama, kayu manis dan madu, aduk rata dan kemudian oleskap pada jerawat yang tersembunyi di bawah kulit. Biarkan 4-5 menit dan kemudian mencuci muka. Kayu manis dan madu dapat membantu membunuh bakteri dan mendorong jerawat keluar dari permukaan kulit secara efektif, selain itu cara penyembuhan jerawat ini sangat baik. Namun, jangan mengoleskan pada seluruh wajah dan jangan biarkan terlalu lama karena dapat mengiritasi kulit.

Baca ini juga:  6 Cara Untuk Membuat Masker Wajah Menggunakan Bubuk Teh Hijau

Perhatikan saat di bawah kulit:

  • Hindari memencet jerawat, karena akan membuat jerawat radang dan infeksi.
  • Lakukan pengelupasan secara menyeluruh
  • Lakukan diet dan aktivitas yang tepat agar jerawat tidak bertambah parah.
  • Ikuti metode perawatan kulit berjerawat yang tepat untuk menghilangkan jerawat dan mencapai hasil yang baik.

Baca ini juga...