7 Cara Mengatasi Sengatan Sinar Matahari Menggunakan Bahan Alami

Diposting pada

Rahasia untuk memulihkan sengatan matahari dari bahan alami sangat diperlukan. Sunburn menyebabkan Anda merasa jengkel dan mengurangi kecantikan karena kulit Anda terlalu banyak terkena sinar UV dari sinar matahari. Untuk mengatasi sengatan matahari, Anda bisa mencoba metode sederhana namun sangat efektif di bawah ini!

1. Mengembalikan kecantikan kulit dengan lidah buaya

Lidah buaya mengandung banyak nutrisi dan merupakan sumber vitamin E, vitamin C, asam folat dan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12 yang melimpah. Selain itu, lidah buaya mengandung 150 mikronutrien, 99% air, zat dan mineral astringent untuk membantu melawan peradangan, mengurangi gatal, luka bakar yang disebabkan oleh sengatan matahari.

Petunjuk: ekstrak gel dari lidah buaya segar dan oleskan ke area yang terbakar matahari. Biarkan gel benar-benar kering dan bilas dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali sehari.

2. Kentang membantu mengatasi luka bakar akibat sengatan matahari

Kandungan pati yang melimpah pada kentang membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi pruritus, iritasi, pembengkakan dan perubahan warna kulit akibat sengatan sinar matahari. Kentang juga merupakan pengobatan sengatan matahari yang hebat.

Cara membuat: kupas dan potong kentang menjadi irisan tipis atau balok kecil. Kemudian menggilingnya menjadi tepung halus dengan sedikit air. Oleskan ke area yang terbakar matahari dan balut dengan perban. Biarkan kering seluruhnya dan bilas dengan air dingin. Lakukan ini sekali sehari sampai kulit Anda sembuh.

3. Kembalikan kulit yang terbakar matahari dengan timun

Mentimun mengandung antioksidan dan membantu meredakan sengatan sinar matahari. Dalam mentimun mengandung 96% air, ini membantu menenangkan dan meregenerasi kulit.

Baca ini juga:  5 Manfaat Lemon Untuk Perawatan Kecantikan

Bagaimana cara:

Opsi 1: Potong mentimun menjadi irisan dan oleskan ke area yang terbakar matahari selama 30 – 45 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Terapkan metode ini beberapa kali sehari untuk hasil terbaik.

Pilihan 2: Mentimun digiling ditambah dengan yoghurt agar menjadi pasta halus. Oleskan ke kulit yang terbakar matahari selama 20 – 25 menit lalu bilas dengan air dingin. Terapkan metode ini minimal 2 kali sehari untuk mencapai efek terbaik.

Pilihan 3: Mentimun digiling dan ekstrak jusnya. Biarkan di kulkas selama 15 menit. Rendam handuk tipis dengan air mentimun selama 2 menit dan oleskan pada area yang terpapar sinar matahari, sampai kering dan dibilas dengan air dingin. Oleskan campuran ini 1-2 kali sehari untuk sengatan sinar matahari yang cepat.

Anda juga bisa mencampur mentimun dengan lidah buaya untuk hasil yang lebih baik.

4. Gunakan cuka sari apel untuk mengatasi luka bakar akibat sengatan matahari

Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, cuka sari apel sangat efektif dalam memulihkan kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari. Cuka sari apel bertindak sebagai zat untuk mengurangi jaringan tubuh untuk mengurangi peradangan. Ini juga membantu menyeimbangkan pH, mempercepat proses terbakar sinar matahari.

Bagaimana cara:

Pilihan 1: Anda bisa menambahkan segelas cuka sari apel ke tangki air dan berendam di dalamnya.

Metode 2: Campur cuka dan air dengan perbandingan 1: 1 dan tuang larutan ke dalam semprotan. Kemudian semprotkan pada kulit yang terbakar matahari dan biarkan sampai benar-benar kering. Ulangi prosedur ini beberapa kali sehari sampai kulit Anda pulih kembali.

Catatan: Kulit terbakar sinar matahari sangat peka, jika Anda mengoleskan cuka sari apel secara langsung akan menimbulkan sensasi terbakar yang menjengkelkan. Jadi jangan gunakan cuka sari apel secara langsung, tapi encerkan dengan air.

Baca ini juga:  Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata Dengan Efektif

5. Kembalikan kulit yang terbakar matahari dengan air dingin

Air dianggap sebagai obat terbaik untuk sengatan matahari serta luka bakar. Air dingin membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dengan menurunkan kulit yang terbakar. Tapi sebaiknya hindari menggunakan air dingin atau es secara langsung untuk menyembuhkan luka bakar karena menyebabkan pembuluh darah memburuk. Sebaiknya gunakan air dingin atau es dengan dibalut dengan kain untuk menyembuhkan sengatan matahari.

Cara melakukannya: Rendam kain ke dalam semangkuk air dingin dan oleskan ke area yang terbakar matahari. Biarkan kain benar-benar kering dan ulangi lagi. Cara ini akan membuat kulit Anda nyaman. Lakukan tindakan ini beberapa kali sehari sampai Anda sembuh.

6. Baking soda membantu mengembalikan kulit yang terbakar matahari

Baking soda adalah salah satu langkah untuk membantu memulihkan kulit yang rusak akibat sinar matahari dengan lembut. Ini membantu kulit untuk menyeimbangkan pH, mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Bagaimana cara:

Pilihan 1: Tambahkan 1/2 sendok teh baking soda ke bak mandi dan rendam di dalamnya selama 15 menit dan kemudian mandi dengan air dingin.

Metode 2: Campur baking soda dengan air, larutkan dan gunakan handuk tipis di air selama beberapa menit. Peras handuk untuk menghilangkan air dan oleskan ke area yang terbakar matahari. Tunggu sampai handuk kering, keluarkan dan bilas dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Anda bisa mengganti baking soda dengan tepung maizena yang juga memberi hasil yang sama.

7. Kembalikan kulit yang terbakar matahari dengan oatmeal

Oatmeal adalah sumber antioksidan dan antiinflamasi yang sangat baik, yang merupakan obat sempurna untuk sengatan matahari. Ini juga bekerja untuk mengurangi rasa gatal dan mengurangi lecet. Oatmeal juga memperbaiki warna kulit, mencerahkan kulit.

Baca ini juga:  Makanan Yang Dapat Meningkatkan Ukuran Payudara

Bagaimana cara:

Opsi 1: Tambahkan satu cangkir oatmeal ke dalam tangki air, larutkan dan rendam selama 15 menit. Lalu mandi dengan air bersih.

Metode 2: Campur 1/2 cangkir oatmeal dengan 1/4 cangkir susu dan 2 – 4 sendok makan madu. Oleskan ke kulit yang terbakar matahari dan biarkan selama 20 – 25 menit lalu bilas dengan air dingin sesudahnya. Oleskan metode ini secara teratur untuk memulihkan kulit yang terbakar matahari.

Cara mengatasi sengatan sinar matahari menggunakan bahan alami di atas akan membantu mengurangi peradangan, gatal, iritasi dan meningkatkan kecerahan kulit akibat sengatan sinar matahari. Selain metode di atas Anda juga harus menerapkan vitamin E untuk melembutkan dan menenangkan kulit dan jangan lupa mengoleskan tabir surya saat keluar rumah.

Baca ini juga...